Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence


Tentu saja, dengan teknologi yang ada saat ini mesin mampu lebih cepat berpikir dibandingkan manusia. Sejak penemuan komputer atau mesin, kemampuan mereka untuk melakukan berbagai tugas tumbuh secara pesat. Manusia telah mengembangkan kekuatan sistem komputer dalam hal bidang kerja yang beragam, kecepatan mereka meningkat, dan mengurangi waktu proses kerjanya.

Sebuah cabang dari Ilmu Komputer bernama Artificial Intelligence yang melakukan penelitian dengan menciptakan komputer atau mesin secerdas manusia. AI diciptakan dengan mempelajari bagaimana otak manusia berpikir, dan bagaimana manusia belajar, memutuskan, dan bekerja ketika mencoba untuk memecahkan masalah, dan kemudian menggunakan hasil penelitiannya sebagai dasar pengembangan perangkat lunak cerdas dan sistem.

Saat ini banyak ilmuwan sedang mendalami ilmu di bidang Artificial Intelegence. Banyak Algoritma yang dirancang untuk membuat sebuah  mesin komputer mampu belajar dengan cepat dari contoh perilaku yang dilakukan manusia. Beberapa ilmuwan mengatakan mereka telah menciptakan sebuah model komputer, atau algoritma yang dapat menangkap kemampuan unik manusia untuk memahami konsep-konsep baru dalam satu contoh studi yang melibatkan karakter asing abjad tulisan tangan. Salah satu contoh Google sudah dapat menciptakan sebuah AI dengan model komunikasi. Model AI ini dapat memprediksikan apa kira-kira kata-kata yang akan muncul selanjutnya dalam percakapan.

Dengan pencapaian yang ada pada saat ini kita masih butuh waktu untuk melakukan penelitian terkait bagaimana mesin bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya. Mengingat sifat manusia berdasar pada pengalaman hidup yang dimiliki manusia. Jika penelitian terus dilakukan bukan tidak mungkin ada sebuah AI yang akan tercipta dan dapat menciptakan AI lain dengan desain baru yang lebih sempurna dari dirinya.

Komentar