Tugas 3 : Teknologi Masa Depan

Prinsip Computer yang dapat belajar dari kesalahan maupun dari pengalaman


Jika kamu para pembaca merupakan orang yang penasaran dengan dunia teknologi masa depan.

Sebenarnya prinsip dari tekonologi komputer dapat belajar sendiri sudah dimulai sejka perang dunia ke 1 maupun ke 2. Yang pada saat itu seorang ilmuwan inggris bernama Alan Turing berusaha memecahkan sebuah kode mesin enigma milik jerman untuk enkripsi data selama peperangan menggunakan Bahasa kriptografi tingkat tinggi. Dengan  menggunakan mesin lain yang disebut christoper ,dirancang olehnya yang menyelamatkan lebih dari 14 juta jiwa. dan berdasarkan kisah tersebut banyak ilmuwan yang mengembangkannya menjadi AI yang kita kenal saat ini.

Pasti pernah membayangkan bahwa computer bisa belajar dari kesalahan yang dia buat. Dan ini di dokumetasikan dalam sebuah film “Wargames”.Film  pertama  yang dibuat untuk menjelaskan bahwa kita sebagai manusia dapat mengajarkan sebuah computer agar tidak melakukan kesalahan yang sama, misalnya kita dapat mengalahkan sebuah computer dalam permainan pertama catur dengan sebuah trik tapi pada saat permainan kedua kita tidak dapat mengalahkan computer tersebut dengan trik yang sama yang kita gunakan di permainan pertama,  mengapa ? .karena seperti yang saya bilang computer tersebut dapat diajarkan dan dia dapat mengembangkan pola pikirnya sendiri agar tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Masih banyak sebuah rancangan teknologi masa depan yang diangkat dalam sebuah film.

Dalam perkembangannya lagi kecerdasan buatan untuk computer dapat berlangsug terus-menerus  yang dapat digunakan diberbagai bidang dunia militer hingga kesehatan. Seperti computer yang dapat memantau seluruh kegiatan di dunia dan ia mempunyai pola pikir sendiri dan mengandalkan jaringan internet sebagai pengembangnya.

Komputer Kuantum



Sebuah komputer super bernilai US$ 15 juta atau sekira Rp 146 miliar yang menggunakan prinsip 'fisika kuantum' akan dipakai bersama oleh Google NASA, dan ilmuwan lain. Dengan komputer itu, mereka bisa mengakses 3.600 kali lebih cepat dari komputer yang ada sekarang ini. Hanya butuh lebih dari setengah detik untuk memecahkan masalah tertentu, dibanding perangkat lunak komputer biasa yang butuh setidaknya 30 menit.

Prosesor D-Wave Two terlihat memanfaatkan efek yang disebut terowongan kuantum membuatnya bisa memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya dalam sepersekian detik. Secara efektif, komputer super ini bisa mencoba semua solusi yang mungkin dalam waktu bersamaan, dan memilih yang terbaik.

Google ingin menggunakan fasilitas Ames Research Center milik NASA yang terletak di California, untuk mengetahui bagaimana komputasi kuantum bisa memajukan teknik belajar mesin dan kecerdasan buatan, termasuk untuk mengenali suara. Para peneliti dari universitas juga punya porsi waktu 20 persen melalui Universities Space Research Agency (USRA). Perusahaan Kanada,  D-Wave Systems yang membuat mesin itu.

Robot



Seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Sebenarnya saat ini robot telah digunakan di banyak bidang misal di beberapa industri.



Hingga saat ini robot dengan teknologi tercanggih adalah robot yang dapat menirukan pekerjaan manusia pada kehidupan sehari-sehari dari mulai menyajikan makanan hingga membantu pekerjaan kantor seperti mengetik dan menterjemahkan.

Penggabungan 3 Teknologi Diatas


Jika Ketiga hal tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan akan tercipta sebuah teknologi yang sangat besar kemungkinannnya untuk mempermudah segala urusan umat manusia diberbagai bidang. Mari kita analogikan seperti ini jika computer kuantum yang memiliki kecepatan 3600 kali dari computer yang ada saat ini menggunakan prinsip computer dapat belajar dari kesalahan maupun pengalaman maka pengetahuan computer tersebut akan berkembang setiap harinya dan memiliki kemaampuan melebihi manusia yang menciptakannya. Dan jika kedua hal tersebut digabungkan dengan teknologi robotical maka yang akan terjadi ketiga teknologi tersebut memiliki Logika dan Fisik yang nyata. Dari logika dan fisik mereka hampir sama dengan manusia tapi ada satu yang membedakan yaitu : perasaan. Jika ini tidak diwujudkan di masa depan,  50 tahun dari sekarang, kita akan mengingat ke belakang dan bertanya mengapa tak ada orang yang pernah berpikir bahwa ini adalah ide yang bagus ?.

Sekian tulisan dari saya semoga berguna bagi para pembaca dan menginspirasi generasi muda untuk berkreasi #kreasitanpabatas.

Sumber :


Komentar

  1. Artikel yg menarik dan menambah informasi untuk kedepannya! Thanks for sharing!

    BalasHapus
  2. Nais artikel Faisal ^_^
    Semoga Faisal bisa ikut berkontribusi memberi inovasi di masa depan yaa
    Harapan gue semoga kalo ketiga teknologi di atas terwujud, manusia tetap bisa mengendalikan gabungan teknologi-teknologi tersebut, terus juga semoga makin bijak memanajemen inovasi-inovasinya

    BalasHapus
  3. Makasih info2 dari artikelnyaa. Keep writing yaa!!

    BalasHapus
  4. mantap!! moga2 bisa terwujud di masa depan biar berkah aamiin!

    BalasHapus
  5. Bagus sekali informasinya. Thanks a lot

    BalasHapus
  6. Wahh keren yaa teknologi masa depan, artikelnya bagus dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  7. artikelnya bermanfaat sekali. terimakasih! :)

    BalasHapus
  8. nice Artikel, ditunggu artikel hebat berikutnya :)

    BalasHapus
  9. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Comment Aja