Tugas 4 : Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu Pengetahuan




Pengertian Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan alam manusia. Sedangkan Pengertian Pengetahuanadalah informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pembelajaran dan pengalaman yang terakumulasi sehingga bisa diaplikasikan ke dalam masalah/proses bisnis tertentu. 

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli - Selain pengertian ilmu pengetahuan secara umum, terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian ilmu pengetahuan baik dari luar negeri maupun yang berada di dalam negeri dalam mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian ilmu pengetahuan yaitu sebagai berikut...

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Indonesia
  • Moh. Hatta: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Moh. Hatta bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya. 
  • Dadang Ahmad S: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 
  • Mappadjantji Amien: Menurutnya, pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah. 
  • Syahruddin Kasim: Menurut Syahruddin Kasim, bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawimelalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan. 
  • Helmy A. Kotto: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Helmy. A. Kotto bahwasanya ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 
  • Sondang Siagian: Menurut Sondang Siagian bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu objek, ilmiah yang memiliki sekelompok prinsipol, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, dalil-dalil, prinsip-prinsip dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan dipelajari. 
  • Soerjono Soekanto: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Soerjono Soekanto adalah pengetahuan yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya. 
  • Abu Bakar: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Abu Bakar adalah suatu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan dalam ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu. 
Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Luar Negeri 
  • Asle Montagu: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Asle Montagu dalam bukunya the cultured man adalah sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakikat prinsip tentang hak yang sedang dipelajari. 
  • V.Afayanev: Menurut V. Afayanev, bahwa pengertian ilmu pengetahuan dalam buknya Marxist Philosophy adlaah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. 
  • Ralp Ross dan Ernes Van Den Haag: Menurut Ralp Ross dan Ernes Van Den Haag dalam bukunya yang berjudul The Fabric of Society, bahwa ilmu memiliki kriteria empiris, rasional umum, kumulatif, dan keempatnya serentak terpenuhi.
Teknologi

Definisi Teknologi dan Pengertian Teknologi -  Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.

Definisi Teknologi dan Pengertian Teknologi
Dalam spesies manusia, teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Penemuan prasejarah dari bagaimana mengendalikan api meningkat ke sumber makanan yang tersedia, serta penemuan roda membantu manusia dalam perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka.

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon dan internet telah mengurangi hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Memang sampai saat ini, diyakini bahwa perkembangan teknologi dibatasi hanya untuk manusia. Tetapi, studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa beberapa binatang telah mengembangkan alat-alat sederhana bersama manusia.

Perdebatan filosofis telah muncul atas penggunaan sekarang dan masa depan teknologi di masyarakat, dengan perselisihan tentang apakah teknologi itu memperburuk atau meningkatkan kondisi manusia.

Definisi teknologi dan pengertian teknologi

Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan sebuah objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang metode dan seni.

Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai.
Definisi teknologi dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan. Selain itu, teknologi adalah terapan matematika, sains, dan berbagai seni untuk faedah kehidupan seperti yang dikenal saat ini.

Tetapi ada juga definisi yang sama menonjolnya, yakni definisi teknologi sebagai sains terapan, khususnya para ilmuan dan insinyur. Dalam penggunaan ini, pengertian teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

Kata "teknologi" juga dapat digunakan untuk merujuk kepada kumpulan teknik. Dalam konteks ini, itu adalah keadaan saat ini dari pengetahuan manusia tentang bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan, untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan.

Teknologi seringkali merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa, meskipun kegiatan manusia justru mendahului kedua ranah tersebut.

Definisi Teknologi Menurut Ahli Berbagai Sumber

Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah : 
  1. Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik
  2. Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.
Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;
  1. Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan
  2. Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.

Definisi Teknologi menurut Wikipedia situs wiki terbesar di Dunia ini, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Menurut Miarso (2007 : 62) : Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

Teknologi masa kini telah banyak berkembang di masyarakat. Penggunaan teknologi oleh manusia sendiri diawali dengan alat-alat sederhana yang dibuat oleh manusia pada jaman dahulu. Contohnya saja pada teknologi otomotif, mungkin roda saat ini dianggap oleh manusia hanya biasa saja. Namun pada jaman dahulu teknologi tersebut adalah teknologi paling inovatif, karena roda sangat membantu manusia untuk perjalanan. Namun jika dibandingkan dengan teknologi jaman sekarang, roda mungkin hanya tinggal sejarah.

Namun, teknologi jaman sekarang masih terus berkembang pesat dan menciptakan inovasi dan karya-karya terbaru. Salah satunya adalah teknologi Smartphone yang menjadi fenomena pada saat ini. Smartphone menjadi fenomena karena beberapa kelebihan yang dimilikinya daripada handphone lainnya. Oleh karena itu juga, smartphone disebut sebagai teknologi baru.

Perbedaan Teknologi Barat dan Teknologi Timur

MENGAPA BANGSA BARAT LEBIH MAJU DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DARI BANGSA TIMUR?

Bangsa Barat dikenal sangat maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejarah mencatat bangsa Barat telah menjajah bangsa Timur selama berabad-abad. Penjajahan dimulai ketika Turki Ottoman merebut Konstantinopel mengubahnya menjadi Istambul dan menutup jalur perdagangan antara Barat dan Timur yang melewati Istambul pada abad ke-15. Hal ini menyebabkan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan mencari sumber rempah-rempah yang mereka butuhkan. Setelah menemukan daerah penghasil rempah-rempah mereka berusaha menguasainya atau menjajahnya. Pertanyaannya mengapa bangsa Timur tidak dapat melawan penjajahan bangsa Barat? Hal ini disebabkan oleh mereka kalah dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertanyaannya selanjutnya adalah bagaimana bangsa Barat dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya melebihi bangsa Timur yang sebenarnya memiliki peradaban lebih awal dari bangsa bangsa Barat. Ada beberapa hal untuk menjawab pertanyaan ini.
Pertama, bangsa Barat lebih maju dari bangsa Timur karena faktor geografis. Keadaan geografis di Barat (Eropa) kurang menguntungkan jika dibandingkan dengan Timur. Keadaan ini membuat orang-orang Barat harus berpikir ekstra keras untuk dapat bertahan hidup sehingga memunculkan ide-ide baru yang di dalamnya mengandung ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan menjadi teknologi. Berbeda dengan bangsa Barat yang harus berpikir keras, bangsa Timur telah hidup makmur dengan pemenuhan kebutuhan yang telah disediakan oleh alam dengan berlimpah-limpah. Keadaan geografis di Timur seperti Asia Timur, Asia Selatan, Palestina dan Asia Tenggara sangat berlimpah kekayaan alamnya baik kekayaan alam mineral maupun kekayaan hayati. Di Eropa keadaan geografisnya dipenuhi oleh pegunungan tinggi yang diselimuti oleh salju karena termasuk dalam wilayah subtropis sehingga kesulitan dalam mengelola tanahnya. Pertanian hanya terdapat di lembah-lembah sungai yang hanya dapat ditanami vegetasi-vegetasi tertentu
Kedua, bangsa Barat Kuno berbeda pandangan hidupnya dengan bangsa-bangsa asli di benua lainnya. Bangsa Barat berpandangan rasional, artinya sifat yang mengutamakan hal-hal yang masuk akal sebagai hal-hal yang benar. Sedangkan bangsa Timur pada umumnya bersifat tradisional, artinya sifat yang mempertahankan apa yang sudah ada sebagai hal yang benar. Bangsa Timur lebih banyak memuja alam sebagai kekuatan sehingga timbullah kepercayaan dan agama. Sedangkan bangsa Barat lebih banyak melihat alam sebagai sesuatu yang tersedia baginya dan dikuasai demi kesejahteraan hidupnya.
Ketiga, peradaban Timur yang lebih maju terlebih dahulu menyebabkan adat istiadat atau nilai tradisi dijunjung sangat tinggi. Hal ini menyebabkan adat istiadat memegang kontrol dalam kehidupan masyarakat. Adat istiadat ini cenderung kaku dan sangat sulit melanggar atau malah mengubahnya. Saat masyarakat menemukan ide-ide baru atau ilmu-ilmu pengetahuan yang baru semuanya itu harus diseleksi oleh adat istiadat yang dipimpin oleh orang-orang tua yang kolot. Hal ini menyebabkan masyaratkat Timur enggan untuk mengolah pemikiran yang menjadi ilmu pengetahuan melainkan tunduk pada kebudayaannya. Seperti kita ketahui ada hierarkhi atau susunan pimpinan dalam peradaban Timur. Hierakhi ini sangat kuat mengontrol masyarakat dan masyarakat serta merta tanpa paksaan sesuai dengan tradisi menundukkan dirinya. Berbeda dengan bangsa Barat yang peradabannya sedikit tertinggal dari bangsa Timur, mereka tidak punya kebudayaan atau adat istiadat yang mengekang mereka sehingga mereka dapat dengan leluasa mengembangkan pemikiran mereka. Buktinya salah satu konsep persamaan dan kebebasan dalam masyarakat muncul di daerah Eropa bukan di Timur. Saat agama Katolik mulai membentuk budaya agama yang kaku yang semuanya harus berdasarkan ajaran Gereja tetap saja tidak dapat mengekang kaum cendikiawan Eropa yang membentuk komunitas-komunitas rahasia (Secret Societies).
Keempat, bangsa Barat telah mengambil atau mencuri ilmu pengetahuan dari bangsa Timur. Hal ini terjadi ketika masa kejayaan Islam. Saat itu kekuasaan Islam sampai di Spanyol di bawah kekhalifan Ummaiyah. Dalam pemerintahan Abdulrakhman III (922-972) Cordoba di semenanjung Iberia menjadi pusat peradaban di antaranya ada perguruan tinggi. Di situlah bangsa Barat memperoleh pengetahuan Timur yang dibawa bangsa Arab dari daerah Mesopotamia melalui Mesir. Banyak peradaban Timur yang diambil oleh bangsa Barat yang dapat dimanfaatkan untuk hidupnya. Misalnya pengetahuan astronomi dari Mesopotamia. Huruf dari bangsa yang berasal dari Phunesia dikembangkan menjadi abjad latin yang sekarang menjadi abjad dunia. Angka Arab yang menggunakan sistem persepuluhan juga diambil alih karena dirasakan lebih praktis daripada angka Romawi yang mempergunaka sistem lima. Setelah Spanyol direbut kembali oleh bangsa Barat tahun 1089, mereka mendirikan universitas di kota Toledo dan banyak buku pengetahuan yang diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Latin. Penulisannya pun menggunakan huruf Latin. Dengan sifat rasional, bangsa Barat dapat mengembangkan teknologi yang pesat sehingga mereka sekarang yang berperanan di dunia.
Kelima, bangsa Timur tertinggal dalam ilmu pengetahuan karena hancurnya pusat-pusat pengetahuan di Timur. Pertama adalah hancurnya Perpustakaan Alexandria di Mesir. Perpustakaan Alexandria diyakini merupakan perpustakaan terbesar dan terlengkap pada masa itu. Perpustakaan ini didirikan pada masa Alexander Agung dan dihancur pada saat Julius Caesar menyerang Antonius yang berhubungan dengan Cleopatra. Kedua adalah hancurnya buku-buku filsafat kuno Cina yang dihancurkan oleh Kaisar Shih Huang thi dari Dinasti Chin. Hal ini dilakukan untuk mengamankan kekuasaannya dari rongrongan ajaran-ajaran yang kurang menyetujui pemerintahannya. Ketiga adalah hancurnya pusat peradaban Islam di Baghdad pada masa kekhalifan Abbasiyah. Kekhalifan ini diserang oleh bangsa Mongol yang dipimpin oleh putra Jenghis Khan yaitu Hulagu pada tahun 1258. Dalam penyerangan ini bangsa Mongol menghancur-leburkan kota Baghdad termasuk warisan ilmu pengetahuannya. Dengan penghancuran kota Baghdad dan peradabannya banyak warisan ilmu pengetahuan yang sebenarnya berasal dari Timur digunakan bangsa Barat sehingga yang tenar/terkenal nama-nama orang Barat. Contohnya adalah Aljabar atau Algebra yang ditemukan oleh orang Arab bernama Al Khwarizmi namun tidak banyak orang yang mengenalnya. Hal ini disebabkan Al Khwarizmi hanya meletakkan dasar-dasarnya tetapi oleh orang Barat dikembangkan lagi sehingga dapat diimplementasikan, misalnya oleh Isaac Newton yang merumuskan kalkulus dengan dasar Aljabar sehingga terkenallah Newton. Sedangkan orang Arab sendiri tidak bisa mengklaim ilmu pengetahuan yang berasal darinya karena bukti-buktinya telah dihancurkan pada saat kehancuran kota Baghdad.

TEKNOLOGI BARAT

Dalam kehidupan manusia saat ini, tidak dpat di lepaskan dari peran ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua orang dapat merasakan begitu banyaknya kemudahan yang dapat di nikm ati. Orang dapat berperjalanan jauh  dapat di atasi waktu singkat dengan alat transportasi seperti pesawat terbang, dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya beribu-ribu kilometer dengan telepon, mngerjakan sesuatu dengan ringan karena di temukannya alat-alat penunjang dan masih banyak lagi.

Pada tahap awal semua kegiatan ilmu pengetahuan alam masih terbatas pada pengamatan dan pencatatan gjala – gejala alam. Selanjutnya kegiatan itu berusaha untuk memberikan dan menjelaskan cara berlangsungnya gejala alam tersebut,  tetapi masih bersifat kualitattif. Dengan kata lain ilmu pengetahuan alam masih berfsifat deskriptif dan kuantitatif.pernyataan kuantitatif ini pada awalnya cukup memadai, tetapi karena kurang cermat dan eksak, pada pernyataan ini sering mnyesaatkan.

Pada tahap selanjutnya dengan berkembangnya ilmu matematika ,kegiatan ilmu pengetahuan alam bersifat simulatif dan kuantitatif.disamping itu kegiatan ilmu pengetahuan alam yang menggunakan metode keilmuan , yang antara lain bersifat terbuka untuk di uji kebenarannya  menjadi ilmu pengetahuan yang dinamis.

a.       Tahap deskriptif dan kualitatif

Pernyataan yang bersifat kualitatif ini kadang-kadang merupakan pengetahuan yang memadai dan bermanfaat terutama di bidang metode kuantitatif belum dapat berkembang. Sebagai contoh adalah kaidah dalam ilmu sosial kebanyakan masih berupa pernyataan  yang bersifat kualitatif. Ini dsebabkan kesulitan dalam teknik pengukuran terhadap gejala sosial. Namun sedikit demi sedikit kesulitan ini dapat di atasi,sehingga ahli-ahli dalam ilmu sosial dewasa ini telah memasuki tahap yang bersifat kuantitatif.

b.      Tahap simulatif dan Kuantitatif

Sifat kuantitatif ini dapat meningkatkan daya kontrol dan daya ramal dari ilmu serta dapat memberikan jawaban yang lebih eksak. Dengan demikian , akan menghasilkan pemecahan masalah  sehingga menjadi lebih seksama , cermat, tepat dan hasilnya lebih mendekati kebenaran . dengan kata lain , pengetahuan yang di peroleh melalui metode kuantioitatif menjadi lebih di andalakan.

c.       Ilmu Pengetahuan Alam bersifat Dinamis

Telah dikemukakan bahawa kegiatan ilmu pengetahuan alam berawal dari pengamatan dan pencatatan yang baik terhadap gejala alam pada umumnya. Maupun dalam percobaan laboratorium. Dari pengamatan tersebut manusia berusaha merumuskan konsep prinsip, hukum dan teori. Dan rumusan itu masih terbuka kesempatan untuk di uji kebenarannya.

Dari teori yang telah ada dibuka kemungkinan untuk melakukan experiment yang baru. Kemudian dari data yang baru itu mungkin masih mendukung teori yang lama. Tetapi juga ada kemungkinan tidak cocok, sehingga perlu disusun teori yang baru.

Demikianlah proses ilmu pengetahuan alam berlangsung terus hingga terdapat mekanisme kontrol yang bersifat terbuka utuk selalu di uji kembali. Dan bersifat kumulatif. Pengetahuan yang diperoleh selau bertumpuh diatas dasar-dasar sebelumnya, dalam kerangka yang bersifat kumulatif. Dengan kata lain, ilmu pengetahuan alam berkembang secara dinamis.

Jadi, proses ilmu pengetahuan alam yang dinamis ini dikarenakan menggunakan metode keilmuan, dimna peranan teori dan experiment saling komplementer dan saling memperkuat.

B.      LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang keadaan sumber daya alam seperti tanah mencakup, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat terputus dengan yang bernama lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.semua kegiatan kita dalam sehari-hari pasi membutuhkan dan memerlukan lingkungan.Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1.      Unsur Hayati (Biotik)

Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika kalian berada di kebun sekolah, maka lingkungan hayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalah teman-teman atau sesama manusia.

2.      Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dn norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.

3.      Unsur Fisik (Abiotik)

Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yang dipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur.

MASALAH LINGKUNGAN HIDUP

A.    Pencapaian Kemakmuran dan perluasan kemudahan

1.      Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia

a.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi.

 Adanya ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan lain,antara lain:
·         Teknik modem
·         Teknologi hutan
·         Teknologi gedung, metalurgi
·         Teknologi transportasi dll

Dengan menggunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, kita dapat memperoleh hasil misalnya:
·         Penggunaan teknik kimia
·         Penggunaan teknik nuklir
·         Penggunaan teknik mekanik
·         Penggunaan teknik penerbangan
·         Penggunaan teknologi hutan

b.      Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan Teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.

Sudah menjadi sifat dari kebanyakan manusia bila telah terpenuhi satu keinginan maka akan timbul keinginan yang lain atau keinginan kelengkapan dari apa yang telah di capai. Usaha untuk mendapatkan kemudahan hidup misalanya:
·      Dengan teknik modern,orang dapat mengendalikan aliran air sungai, dengan membuat bendungan, saluran primer,dan sluran sekunder.
·      Denganteknik modern dapat membuat bermacam-macam media pendidikan.

2.      Dampak negatif yang menyulitkan pengendalian  diri

B.     Dampak terhadap pendayagunaan SDA[6]

1.      Dampak positif tentang keberhasilan manusia

Minyak bumi pada saat ini masih merupakan SDA yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Kita juga mengetahui bahwa minyak bumi merupakan bahan galian yang tidak dapat di perbarui(unreneweble) artinya sekali pakai habis .

a. Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kuantitas suatu produksi.
·         Dibidang pertanian
·         Dibidang industri

b. Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kualitas/mutu produksi.
·         Pada pengolahan minyak bumi, yang semula kita mengenal bensin sekarang kita mengenal premium. Karena mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi sehingga mesin tidak cepat rusak.
·         Pembuatan kaca, dulu kita mengenal kaca yang jernih atau berwarna sekarang mengenal kaca riben yang merupakan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi yang merupakan perpaduan fisika dan kimia.

c.  Pengolahan SDA yang efektif dan efisien menambah ragam produksi

2. Dampak negatif meningkatkan keborosan, menimbulkan kecemaran, dan limbah

Pendayagunaan sumber daya alam dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat pula menimbulkan dampak negatif, apabila digunakan secara tidak bertanggungjawab misalnya timbulnya pemborosan terhadap sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan AC di gedung-gedung besar. Penggunaan AC tersebut dapat di ganti dengan penggunaan ventilasi.

C.     Dampak terhadap transportasi dan komunikasi

1.      Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia

Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mengubah sisem transportasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia banyak kemudahan yang dapat dinikmati dan seakan-akan dunia menjadi lebih sempit

2.      Dampak negatif kebisingan, kecemaran, perubahan alam yang tak estetis

D.    Dampak terhadap peningkatan kesehatan

1.      Dampak positif dalam upaya manusia menghindarkan penyakit menular
2.      Dampak negatif secara tidak langsung menimbulkan penyakit tertentu

Ø  UPAYA MANUSIA MERNGATASI MASALAHNYA

Mencari energi pengganti minyak bumi, kita mengetahui bahwa minyak bumi merupakan sumber daya alam yang penting dan tidak dapat diperbaruhi.

Masalah lain yang juga penting ialah masalah penggunaan teknologi maju.sebagai contoh tenaga nuklir terutama bom atom maupun bom hidrogen yang dapat memusnahkan umat manusia beserta isi permukaan bumi ini bukannyan di hapuskan tetapi justru malah sebaliknya. Setiap kali jumlahnya bertambah dan bahkan sekarang telah menyebar di berbagai negara. Bila terjadi perang nuklir, mungkin kita tidak lagi dapat merasakan nikmatnya hidup di dunia,kita semua mungkin berada di alam lain.

Dengan teknologi maju orang juga telah dan terus berusaha mengadakan eksplorasi ke antariksa untuk mencari kemungkinan migrasi ke planet lain. Namun sepanjang penyelidikan yang ada, informasi atraupun data menunjukkan harapan yang justru makin tipis dibandingkan dengan dugaan-dugaan semula.

Masalah yang juga vital, katrena ikut menentukan kelestarian kehidupan manusia di muka bumi ini adalah masalah kependudukan. Bumi kita hanya satu dan tidak bertambah besar dan jumlah lahan untuk penghidupan makin sempit. Pada suatu saat, tentu daya tahan atau batas toleransi sumber daya alam yang mendukung kelestarian kehidupan di tempat itu akan melebihi batas walaupun telah di usahakan intensifikasnya. Untuk sementara mungkin masih dapat di carikan jalan keluar , misalnya dengan jalan transmigrasi atau mengubah cara hidup bertani dengan cara hidup industri.

Masalah berikut yang sejajar penntingnya dengan masalah kependudukan adalah masalah kelestarian lingkungan hidup. Beberapa ahli memandang kedua masalah ini menjadi satu, yaitu lingkungan hidup itu termasuk kependudukan atau sebaliknya.yang penting semua tindakan di tujukan untuk kepentingan kesejahteraan manusia pada masa sekarang maupun masa mendatang.

Dengan adanya kemajuan dalam pengetahuan maupun dalam teknologi, para ahli membuat pesawat angkasa yang di gunakan untuk meneliti dan mencari data-data diluar bumi untuk kebutuhan hidupnya.

Ø  USAHA MANUSIA UNTUK MASA MENDATANG

Mencari sumber daya energi nonkonvensional.

1.      Energi matahari
Cahaya matahari dapat di ubah menjadi energi listrik dengan jalan menangkap cahaya matahari itu dengan beribu-ribu fotosel. Energi cahaya matahari dapat juga di ubah menjadi energi panas dengan pertolongan cermin cekung.

2.      Energi panas bumi
Panas dari gunung berapi bersumber dari magma.bila dekat magma itu terdapat cadangan air, maka itu akan mendapatkan panas, semburan uap, atau semburan air panas.bila di lakukan pemboran di tempat itu akan di dapat uap air panas yang menyembur atau air panas saja bergantung pada kondisi cadangan air, letak pemboran dan sebagainya. Panas bumi berupa uap air panas itu dapat menggerakan generator listrik.

3.      Energi Angin
Energi angin dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan kincir angin yang di hubungkan dengan generator listrik.

4.      Energi Pasang Surut
Dapat dimanfaatkan dengan menggunakan san dengan pintu-pintu air yang dapat diatur pembukaannya. Pada saat air laut pasang maka masuk kedalam dan melalui pintu-pintu air. Bila surut maka air laut akan keluar juga melalui pintu-pintu air. Di pintu air dipasang turbin yang dapat menggerakkan generator listrik.

5.      Energi biogas
Engrgi biogas ialah sampah dari jasad hidup dengan cara pembusukan, dengan pertolongan bakteri pengurai. Gas yang sebagian besar dihasilkan adalah gas metan. Gas metan yang dibakar bentuk kompor di dapur atau keperluan lain.

6.      Energi biomassa
Yang digunakan sebagai bahan bakar adalah sampah organik. Panas yang timbuldipakai untuk memanaskan air/ketel uap. Uap yang timbul dipai untuk menggerakkan generator listrik.

Ø  USAHA MANUSIA UNTUK PELESTARIANNYA
Ada beberapa maslah yang perlu menjadi bahan kajian manusia dalam mengatasi maslahnya di masa mendtang. Maslah itu antara lain:
  • Masalah energi penggati minyak bumi
  • Penggunaan teknologi yang tepat guna dengan mengurai dampak negatifnya
  • Masalah laju pertumbuhan penduduk yang harus ditanggulangi, antara lain dengan KB
  • Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan)
  • Perburuan liar.
  • Merusak hutan bakau.
  • Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman
  • Pembuangan sampah di sembarang tempat
  • Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS)
  • Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas

Dari masalah tersebut, usaha manusia dalam menangangi maslahnya antara lain

  • Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan
  • Pelestarian tanah (tanah datar, lahan miring/perbukitan)
  • Dalam bidang kependudukan misalnya mendukung usaha pemerintah dalam menanggulangi masalah kepadatan penduduk yaitu, KB
  • Pelestarian hutan misalnya digalaknnya penenaman seribu pohon, reboisasi dan lain-lain
  • Dalam bidang pelestarian hutan dan pantai misalnya melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau di areal sekitar pantai.
  • Pelestarian flora dan fauna misalnya, mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa.
  • Penggunaan energi sehemat mungkin dan mencari energi alternatif pengganti minyak bumi
  • Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin Asap yang keluar dari knalpot kendaraan
  • Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer Gas freon yang digunakan untuk pendingin pada AC maupun kulkas serta dipergunakan di berbagai produk kosmet
Teknologi Timur


Sejarah sains memfokuskan kajiannya pada apa yang terjadi di masa yang lalu berkaitan dengan penemuan-penemuan ilmiah dan juga proses penemuan yang kompleks dan ide yang berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa diabaikan sama sekali dari konstribusi Timur Tengah dengan peradaban agamanya khususnya peradaban Islam-nya. Begitu pentingnya sumbangan mereka sehingga seseorang bisa berkata dengan yakin bahwa jika orang Muslim tidak melakukan apa yang telah mereka kerjakan dalam berbagai lapangan sains, niscaya revolusi ilmu pengetahuan di Eropa Barat tidak akan pernah timbul pada saat itu. Tradisi ilmiah (sains) dalam masyarakat Muslim mempunyai nilai yang dikenal dengan “Islamis”, adalah dipengaruhi dan kitab suci al-Qur’ãn. Al­Qur’ãn melalui ayat-ayatnya senantiasa menyeru kepada orang-orang yang beriman untuk mengobservasi alam semesta dan merefleksikannya.

Timur tengah sebagai suatu kawasan yang strategis dan memiliki arti penting serta SDA yang melimpah khususnya dalam pertambangan mempertimbangkan pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelolah potensi – potensi yang dimilikinya untuk meningkatkan kesejahteraan kawasan khususnya negara – negara timur tengah ( Islam). Dalam sejarahnya Timur tengah khususnya peradaban Islam merupakan pusat atau sumber lahirnya ilmu pengetahuan yang menjadi dasar perkembangan IPTEKS yang merajalela di berbagai pelosok dunia saat ini sebagai hasil dari adanya revolusi dari bangsa Eropa. Timur tengah merupakan sumber perkembangan pengetahuan tentang astronomi oleh Al- Battani, matematika yang tidak tertandingi pada abad pertengahan, kimia oleh Ja’far Muhammad, fisika sebelum adanya teori Newton, dan filsafat natural (kedokteran) oleh Ibnu Sina.

Dengan adanya sejarah cemerlang Timur Tengah tentang IPTEKS ternyata tidak memberikan konstribusi yang cukup baik bagi perkembangan kawasan ini sendiri dikarenakan perkembangan IPTEKS yang terhambat oleh beberapa masalah yang menjadi ciri khas Timur Tengah. Adanya keterbatasan dana, kurangnya SDM yang berkualitas, dan sering terjadinya konflik internal yang menciptakan ketidakstabilan membuat perkembangan IPTEKS menjadi terhambat apalagi dengan adanya intervensi asing yang berimbas pada eksplorasi besar – besaran SDA (minyak) yang menjadi komoditi utama Timteng. Hal ini kemudian berdampak pada lebih majunya pengembangan IPTEKS yang terjadi di negara – negara barat sebagai hasil eksplorasi dan inovasi dari dasar pengetahuan yang di tanamkan oleh Timur tengah (islam) karena adanya potensi modal (uang) yang besar serta kondisi wilayah Eropa / Barat yang cenderung stabil dan kekuatan penekan atau diskriminasi karena hampir seluruh negara di Timur Tengah berlandaskan atas Islam.

Seiring dengan perkembangan zaman, adanya globalisasi yang di dasari oleh kapitalisme dan adanya lobi – lobi yang terbungkus dengan diplomasi yang cenderung pragmatis berdampak pada perkembangan IPTEKS yang berarti di kawasan Timur Tengah saat ini. Dengan adanya perkembangan IPTEKS di Timteng memberikan sumbangsi dalam perkembangan negara- negara Timteng yang berdasarkan Islam untuk mengembangkan negaranya yang dianggap sebagai negara-negara dunia ketiga. Adanya usaha untuk mendirikan yayasan – yayasan pendidikan, pertukaran pelajar dan ahli – ahli IPTEKS saat ini menandakan adanya perhatian khusus pada perkembanga IPTEKS itu sendir. Negara timteng (islam) seperti Iran memiliki perkembangan IPTEKS yang sangat menonjol dai negara – negara di Timteng lainnya. Tingkat pertumbuhan produksi ilmu pengetahuan dan teknologi di Republik Islam Iran menempati posisi pertama tercepat di kawasan Timur Tengah, dan menempati urutan ke dua dari segi banyaknya jumlah makalan ilmiah yang terdaftar secara internasional. Dalam selang tiga tahun terakhir (2004-2007), Iran berhasil mencatat lebih dari 9 ribu produk ilmu pengetahuan dan menempati urutan terbanyak ke dua di kawasan Timur Tengah. Dalam periode yang sama, dari segi tingkat pertumbuhan produksi iptek, Iran mengalami peningkatan 34 persen di banding periode sebelumnya. Angka ini merupakan tingkat pertumbuhan tertinggi di Timur Tengah dan sekaligus menandakan adanya peranan penting Islam dalam pengembangannya karena adanya prinsip bahwa segala sesuatunya berdasarkan ajara- ajaran yang tertuang dalam Islam.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perkembangan IPTEKS di Timur Tengah sekarang ini sudah dalam taraf yang cukup melihat kenyataan bahwa adanya pengembangan IPTEKS yang tidak merata. Khususnya bagi negara – negara maju di Timteng. Meskipun langkah pengembangan ini cenderung lambat di bandingkan dengan negara barat tetapi hal ini tidak membuat kawaasan ini tertinggal terlalu jauh apalagi dengan adanya pembedaan dalam pelaksanaannya yaitu tentang dasar peradaban dan hukum Islam dalam penerapannya.

Kemajuan Teknologi Jepang
Jepang merupakan salah satu negara maju yang sangat dikenal. Negara Jepang atau yang dalam Bahasa Jepangnya disebut Nippon atau Nihon secara harfiah berarti “negara/negeri matahari terbit”. Jepang merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Benua Asia, tepatnya di Asia Timur. Jepang juga merupakan suatu kepulauan yang terletak di ujung Samudera Pasifik bagian barat dan di sebelah timur Laut Jepang, serta bertetangga dengan Republik Rakyat China, Korea, Taiwan, dan negara-negara lain, khususnya yang termasuk ke dalam kawasan Asia Timur.
Seperti halnya negara-negara maju lainnya, kemajuan Jepang didukung oleh beberapa faktor, antara lain kemajuan dibidang pendidikan, teknologi, ekonomi, industri, kesehatan, dan sumber daya manusianya. Di bidang teknologi, Jepang sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan negara-negara maju maupun negara-negara berkembang lainnya. Perkembangan teknologi tersebut meliputi bidang kedokteran, industri, peralatan militer, pengolahan makanan, farmasi, konstruksi, serta alat informasi dan telekomunikasi. Oleh karena itu, dipandang dari segi teknologinya saja, Jepang layak disebut sebagai Negara Maju.
Jika kita tengok sejenak ke belakang, saat negara Indonesia masih berada di bawah jajahan Pemerintahan Jepang sekitar tiga setengah tahun lamanya. Saat itu, Bangsa Indonesia melakukan berbagai perlawanan dengan peralatan yang masih sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan bambu runcing. Namun, saat itu Jepang telah menggunakan peralatan perang yang sudah modern. Selain itu, Jepang juga mampu meluluh lantahkan pelabuhan Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat pada Perang Dunia ke II dengan senjata perang dan peralatan militer yang tak kalah modern dengan senjata-senjata perang Amerika Serikat saat itu. Semua senjata perang dan peralatan militer tersebut tak lain merupakan hasil dari perkembangan teknologi Jepang yang ada pada saat itu.
Pada masa sekarang, tentunya perkembangan teknologi Jepang jauh lebih maju lagi. Kita dapat dengan mudah menjumpai berbagai jenis barang atau peralatan produksi Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis barang atau peralatan tersebut merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis barang itu antara lain perangkat komputer dan laptop dengan merk Toshiba dan Sony Vaio, televisi, handphone, kipas angin , kulkas, dan ricecooker. Sedangkan dibidang otomotif seperti mobil dan motor dengan merk Suzuki, Toyota, Daihatsu, Yamaha, dan Honda, serta robot Baby Sister yang pernah diperkenalkan kepada berbagai negara.
Selain itu, Jepang juga telah membuat iphone dengan jenis terbaru. Selain untuk menciptakan teknologi terbaru, iphone ini juga dibuat dengan tujuan sebagai solusi dari tindakan atau perilaku beberapa orang di Jepang yang iseng dan suka mengintip pakaian dalam wanita yang menggunakan rok pendek. Mungkin terdengar sedikit mengejutkan, namun beberapa orang yang cukup meresahkan kaum perempuan di Jepang melakukan tindakan yang kurang terpuji tersebut dengan menggunakan kamera digital. Setelah dibuat iphone terbaru ini, diharapkan masalah tersebut dapat terselesaikan karena iphone terbaru ini akan mengeluarkan bunyi tertentu apabila penggunanya hendak mengambil gambar. Bunyinya serupa dengan suara “jepret” dan dibuat secara permanen, sehingga tidak dapat dimatikan. Selain iphone jenis terbaru, Jepang juga membuat teknologi nano yang sangat bermanfaat, khususnya dibidang material, elektronika, IT, energi lingkungan, bioteknologi, dan kedokteran.
Universitas Tokyo juga menciptakan sendi buatan (artificial joint) terbaru. Mereka bekerjasama dengan Perusahaan Manufaktur Japan Medical Materials Corporation di Osaka, Jepang. Sendi buatan terbaru ini berbeda dengan sendi buatan sebelumnya, di mana sendi buatan terbaru ini tidak mudah longgar pada bagian sambungan dengan tulang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, sekitar 25-30 tahun berturut-turut.
Perkembangan teknologi Jepang tak hanya sampai di situ. Negeri Sakura ini juga menciptakan kertas performa tinggi dengan menggunakan serat sintetis. Sedangkan Grup Teijin Jepang menciptakan mobil listrik ultra ringan dengan bahan komposit serat karbon, resi polikarbon, dan derived polyster.
Yukitanaka, Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Tohoki, menemukan logam campuran yang superelastis. Logam ini berfungsi sebagai anti gempa. Penggunaannya yakni baut yang mengandung logam campuran superelastis ini dipasangkan pada titik temu pondasi dan rangka bangunan. Dengan cara tersebut, diperkirakan bangunan akan tahan gempa dengan getaran paling kuat menurut ukuran Jepang, yakni 0-7 skala richter. Apabila terjadi gempa, campuran logam akan menyerap energi yang dihasilkan oleh gempa dan membuat bangunan lentur mengikuti guncangan, sehingga bangunan terkesan elastis. Akan tetapi, penemuan ini akan diteliti kembali perihal kualitas dan daya tahan logam tersebut. Meskipun begitu, para ilmuwan dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Brazil mengajak Jepang untuk melakukan penelitian bersama.

Berdasarkan beberapa penemuan oleh Bangsa Jepang tersebut merupakan bukti bahwa Jepang telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan teknologi dunia. Terkadang kita mendengar pertanyaan atau mungkin kita sendiri yang mengajukan pertanyaan bahwa bagaimanakah Jepang bisa menemukan berbagai penemuan terbaru dan membuat citra Bangsa Jepang semakin hebat di mata dunia?

Sumber :
  • https://ericktristanto.wordpress.com
  • http://www.kaskus.co.id/
  • http://www.artikelteknologi.com/
  • http://ilmupengetahuan.org/
  • http://aromatica10.blogspot.co.id/
  • https://www.facebook.com/SayaHausPengetahuan

Komentar